Kita tau bahwa tabel periodik adalah salah satu pedoman yang harus dimiliki seorang ahli kimia, sangatlah wajib bagi seseorang yang mendalami kimia untuk mengetahui dan memahami apa itu tabel periodik. Tabel periodik yang merupakan tabel berisi susunan unsur unsur yang disusun berdasarkan nomor atom ini selalu berubah dikarenakan masih adanya unsur unsur yang kosong pada tabel periodik tersebut. Seiring perkembangan jaman semakin banyak pula unsur unsur baru yang ditemukan seperti halnya diabad 21 ini, sekarang tabel periodik telah mengalami banyak perubahan misalnya pada tahun 2011 yaitu masuknya elemen elemen baru pada tabel periodik unsur  yaitu unsur unsur yang bernomor atom 114 dan 116.






Nama dari unsur yang ditandai pada gambar diatas adalah Flerovium (Fl) dan Livermorium (Lv). Nama Fleroviumdipilih karena untuk menghormati Flerov Laboratory of Nuclear Reaction (FLNR) tempat sintesa elemen 114, lalu untuk nama Livermorium dipilih untuk menghormati Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) serta kota Livermore California AS. Kota itu merupakan domisili para ilmuan yang telah memberi sumbangan besar pada perkembangan ilmu nuklir.

Adapun penemuan baru pada tabel periodik akhir akhir ini, yaitu ditemukannya unsur unsur baru yang bernomor atom 113, 115, 117, 118. Keempatnya merupakan unsur buatan manusia, yaitu dengan cara membenturkan unsur nuklei ringan dan mengikuti jejak persebaran radioaktif dari elemen superberat. Namun keempat elemen baru tersebut hanya ada selama beberapa detik saja setelahnya elemen elemen tersebut akan berubah menjadi elemen lain lagi. Unsur unsur tersebut saat ini masih menggunakan nama sementara seperti ununtrium(Uut), ununpentium (Uup), ununseptium (Uus), ununoktium (Uuo), tapi tidak lama lagi unsur unsur tersebut akan diberi nama IUPAC. 







Penemu unsur 115, 117, 118 adalah tim ilmuwan Rusia-Amerika yang terdiri dari ilmuwan dari Joint Institute for Nuclear Research di Dubna dan dari Lawrence Livermore National Laboratory di California. Unsur yang bernomor atom 115 dibuat dengan cara menumbukan satu unsur, kalsium kedalam atom lain, americium, kemudian unsur tersebut terbentuk dengan cepat dalam cipratan radiasi. 

Lalu untuk penemu unsur 113 adalah tim ilmuwan dari Riken Institute di Jepang, dan ini adalah yang pertama kalinya Asia menciptakan unsur baru. Unsur ini harus dibuat dilaboratorium karena tidak ditemukan keberadaanya dialam. Sebenarnya unsur 113 ini pernah diciptakan oleh tim ilmuwan dari Jepang ini pada tahun 2004 dan 2005 akan tetapi mereka tidak memiliki bukti yang cukup sehingga hasil penelitiannya tersebut tidak dapat dikomfirmasi, namun akhirnya kali ini mereka telah memiliki bukti yang kuat sehingga kebenarannya pun telah dikomfirmasi.

Itulah unsur unsur yang baru baru ini ditemukan sehingga membuat tabel periodic yang sebelumnya harus diganti :D Sekian dan semoga bermanfaat :)

CMIIW

Sumber:





#Sciene #Kimia




2 komentar:

 
Top