Dulu waktu masih kecil saya mengira bintang itu hanya sebuah cahaya kecil yang ukurannya tidak lebih besar dari bola mata saya sendiri, dasar memang yang namanya masih bocah saya percaya saja sama lagu bintang kecil, lagu anak yang tren diwaktu dulu saya masih kecil. Tapi seiring waktu berjalan, seiring saya bertambah dewasa, semakin bertambah pula ilmu pengetahuan yang didapatkan, dan semakin saya berpikir rasional, pemikiran tentang bintang yang berukuran kecilpun berubah, yang ternyata ukuran bintang itu sebenarnya sangatlah besar, dan sekarang saya tau bahwa bintang itu ukurannya lebih besar daripada bumi.





 Contoh bintang terdekat dengan bumi yakni Matahari, ukurannya lebih besar 103 kali diameter bumi.





Tapi tau ga guys kalo bintang itu banyak sekali yang ukurannya jauh lebih besar dari matahari, bahkan besarnya sampai beberapa ribu kali radius matahari, ga kebayang kan betapa besarnya bintang bintang dilangit itu? Nah kali ini saya mau ngebahas tentang bintang bintang yang lebih besar dari matahari atau lebih tepatnya ngebahas tentang bintang terbesar yang pernah ditemukan di alam semesta ini seperti Uy Scut, NML Cygni, RW Chepei, dan lain lain.




UY Scut





Bintang ini adalah bintang terbesar di alam semesta pada posisi pertama, Bintang ini sebesar 1708 kali radius matahari, banyak variasinya tentang kecerahan bintang ini oleh karena kecerahannya cukup bervariasi bintang ini juga sebenarnya ukurannya belum pasti dapat ditentukan *ada kemungkinan dapat berubah*, margin of erornya (batas kesalahan maksimum yang disebabkan oleh sampling eror) sekitar 192 jari jari matahari, jika margin kesalahan ini benar maka ukuran bintang ini tidak lebih dari NML Cygni dan RW Cephei. 




NML Cygni





NML Cygni ini merupakan bintang hiper raksasa merah. Bintang ini adalah bintang terbesar diposisi kedua saat ini, bintang ini sebesar 1642 kali radius matahari, lalu jarak dari bumi ke bintang ini adalah 1,6 kiloparsek/ 5300 tahun cahaya. Nama dari bintang ini diambil berdasarkan dari nama penemunya yaitu Neugebauer, Martz, dan Leighton.




RW Chepei





RW Cephei adalah bintang orange hiper raksasa , bintang ini sebesar 1636 kali radius matahari.





WOH G64




                                                                                     
WOH G64 adalah bintang merah raksasa di Large Magellan, bintang ini sebesar 1540 kali radius matahari. jika posisi matahari diganti dengan bintang ini maka besar bintang ini bakalan sampai planet saturnus





Westerlund 1-26





Bintang ini posisi ke lima terbesar di alam semesta, Bintang ini berukuran 1530 kali radius matahari.





VX Sagitarii





Bintang ini merupakan bintang super raksasa merah, lokasi bintang ini lebih dari 1,5 kilo parsec dari matahari. VX Sagitarii ini berukuran 1520 kali radius matahari.





VV Cephei A




Bintang ini posisi ketujuh terbesar di alam semesta saat ini, berlokasi di konstelasi Cepheus, berjarak sekitar 5000 tahun cahaya dari bumi. Bintang ini berukuran 1050 kali radius matahari.





VY Canis Majoris





Bintang ini menempati posisi 8 terbesar di alam semesta saat ini, bintang ini terletak sekitar 1,2 kiloparsec (3900 tahun cahaya) dari bumi. Bintang ini berukuran sebesar 1420 kali radius matahari.





KY Cygni






Bintang ini merupakan bintang super raksasa merah di Konstelasi Cynus, berjarak 5000 tahun cahaya, bintang ini berukuran sebesar 1420 kali radius matahari.





AH Scorpii





Bintang ini menempati posisi ke 10 terbesar di alam semesta saat ini, bintang ini terletak sekitar 12000 tahun cahaya dari bumi. Ukuran bintang ini sebesar 1287 kali radius matahari.


Itulah bintang bintang terbesar yang ditemukan sampai saat ini, list bintang di atas bisa saja berubah dikarenakan masih banyaknya bintang yang belum ditemukan sampai saat ini,  mungkin postingan ini akan selalu diupdate selama saya masih aktif blogging :D.

CMIIW



Sumber : en.wikipedia.org




#TheBiggestStars #Science #Asronomy




































0 komentar:

Posting Komentar

 
Top