Kali ini saya akan membahas tentang Anime, dimulai dari definisi, genre, dan istilah istilah yang berhubungan dengan anime seperti Animasi, Manga, dan Otaku.

Sebenernya apa sih anime itu?

Anime adalah sebutan untuk film kartun Jepang. Anime merupakan bahasa serapan dari bahasa inggris yakni Animation yang diucapkan Anime-shon, yang kemudian kata tersebut disingkat menjadi Anime. 


 Anime atau kartun jepang ini tentunya memiliki ciri khas tertentu yang membedakan dengan kartun buatan negara lainnya, misalnya pada gambar karakter pada bagian matanya, dalam anime mata biasanya digambarkan lebih besar terkesan agak melotot, lalu bagian rambut umumnya anime digambarkan dengan model gaya rambut Harajuku, seperti Dragon Ball, Saint Seiya, dan lain lain. Dari segi bentuk pun umumnya anime digambarkan lebih menyerupai aslinya dibanding dengan kartun buatan negara lain seperti Mickey Mouse, Asterix, Phinneas and Ferb, dan lain lain.



Genre dalam Anime

Dalam anime kita juga mesti tau aliran aliran atau genrenya, sangat penting untuk mengetahui genre tersebut supaya saat kita mencari anime yang kita inginkan itu mudah didapatkan. Apa saja sih genre Anime itu, langsung saja yaak, Cekidot:



Anime Action

Anime Action adalah anime yang didalamnya memperlihatkan aksi aksi seperti perkelahian, kekerasan, kekacauan, dan gerakan gerakan cepat. Ex: Naruto, Saint Seiya, Dragon Ball



Anime Adventure

Anime Adventure merupakan anime yang menceritakan tokoh utamanya melakukan perjalanan panjang dengan suatu tujuan tertentu. Ex: One Piece, Digimon Adventure 1, Hunter x Hunter.



Anime Comedy

Anime yang mengutamakan unsur comedynya. Ex: Beelzebub, Baka to Test



Anime Doujinshi/FanArt

Anime remake dari anime yang sudah ada, dan ceritanya dibuat berbeda dari anime asalnya. Ex: Singeki! Kyoujin Chuugakkou



Anime Drama

Anime yang dibuat dimaksudkan untuk menarik keluar respon emosional dari penonton seperti kesedihan dan ketegangan. Ex: Clannad, 5cm per Second.



Anime Fantasy

Anime yang mengandung banyak unsur unsur imajinasi, dan dunia fantasy. Ex: Fairy Tail, Ragnarok Animation.



Anime Gender Bender

Anime yang didalamnya karakter wanita dibuat berpenampilan seperti laki laki, atau sebaliknya, dan bisa juga dalam ceritanya itu tokoh utama dapat berubah gender karena alasan terntentu. Ex: Ranma 1/2, Kampfer.



Anime Hystorical

Anime yang didalamnya mengandung unsur sejarah. Ex: Sengoku Basara, Nobunaga Concerto



Anime Horror

Anime yang mengandung unsur mengerikan, menakutkan,mencekam, dan menegangkan. Ex: Nube



Anime Martial Art

Anime yang berhubungan dengan unsur beladiri. Ex: Street Fighter



Anime Mecha

Anime yang didalamnya melibatkan mesin mesin robot. Ex: Gundam, Gurren Lagan, Evangelion



Anime Mystery

Anime ini biasanya tokoh utama berperan sebagai orang yang memecahkan suatu masalah yang sulit dipecahkan. Ex: Detective Conan, Detective School Q



Anime Romance
Anime yang beruhubungan dengan cinta. Ex: Ore Monogatari



Anime Schoolife
Anime yang tempat kejadian ceritanya banyak dilakukan disekolah. Ex: Sket Dance, School Rumble



Anime Sci-Fi
 Anime fiksi ilmiah, atau biasanya melibatkan teknologi teknologi yang canggih. Ex: Planetes, Akira



Anime Shoujo

Anime yang ditujukan untuk para wanita, biasanya mengandung unsur romance. Ex: Sailormoon, Tokyo Mew Mew



Anime Slice of Lice

Anime yang melibatkan penggambaran kehidupan satu atau banyak karakter yang dapat terjadi didunia nyata, dan mirip dengan apa yang sering kita alami. Ex: K-ON, Bakuman.



Anime Sport

Anime yang bertema kan olahraga. Ex: Eyeshield 21, Captain Tsubasa, Inazuma Eleven



Anime Supernatural
Anime yang menceritakan karakter karakter dengan kekuatan super yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Ex: Yu Yu Hakusho, Ao No Exorcist



Nah diatas adalah sebagian genre genre yang bisa ane jelaskan, sebenernya sih masih banyak, sengaja tidak ane babarin semuanya karena ada beberapa genre yang sifatnya merusak moral hehe :D



Animasi, Otaku, dan Manga


Sekarang kita lanjut ke istilah istilah yang berhubungan dengan anime yang mungkin belum kamu mengerti. Saya jelasin ini supaya kamu engga malu maluin ketika sedang berbicara dengan pecinta anime lainnya :D


Anime dan Animasi

Nah disini saya akan menjelaskan perbedaan antara Anime dan Animasi. kenapa saya katakan berbeda padahal Anime itu bahasa serapan dari kata Animation. Perbedaannya sebenernya hanya dalam kesetaraan makna saja..


Jadi begini....


Anime itu adalah sebutan untuk "kartun" di Jepang, sedangkan Animasi itu artinya gambar yang bergerak, gapedulu itu "kartun" atau bukan pokonya animasi itu gambar bergerak. Jadi intinya kita tidak bisa mengatakan  animasi itu anime, tapi kita bisa mengatakan kalo anime itu animasi, karena anime itu salah satu jenis animasi juga. Supaya lebih jelas, saya kasih deh contoh penggunaan istilah katanya, misal: Animasi Kartu, bisa ga kita ganti kata Animasi itu dengan Anime jadi, Anime Kartun? ga enak kan kita nyebutnya juga? nah begitulah kira kira perbedaannya..



Anime dan Otaku

Singkat saja saya jelaskannya


Seseorang yang hobi, menekuni, menggemari anime atau mangga mungkin biasanya disebut anime lovers atau manga lovers, nah sebenernya ada istilah yang lebih khusus dan lebih keren lagi, istilah yang dimaksud itu adalah Otaku.



Anime dan Manga

Saya bingung masih ada aja orang yang salah dalam penggunaan kata anime, waktu dulu saya ngobrol sama temen, kebetulan temen saya ini suka kartun Jepang, dia bilang begina "Hei lo tau ga kemarin gua baca anime X ternyata...... blablablabla" nah lalu saya berpikir "kok anime dibaca yak, apa mungkin dia gabisa bedain anime sama manga yak" disitu saya bingung, kali gara gara anime dan manga itu sama sama gambar kartun jadi dia anggap sama -_- .


Anime dengan Manga itu berbeda, meskipun berbeda tapi memiliki keterkaitan satu sama lainnya.


Anime itu adalah film kartun Jepang, sedangkan manga itu adalah komik kartun Jepang, jadi kalo anime itu ditonton kalo manga itu dibaca. nah itu saja sih sebenernya perbedaannya, gampang bangetkan bedainnya? tapi masih saja ada yang salah -_- .



Mungkin cukup sekian, correct me if i'm wrong karena saya juga manusia biasa yang masih butuh banyak belajar lagi, tapi diharapkeun penjelasan yang saya babarin disini dapat dipahami dengan mudah. :)




#Anime #AnimeLovers #Otaku












0 komentar:

Posting Komentar

 
Top