TOXIC


Teka teki kematian Wayan Wirna baru saja terungkap baru baru ini, tersangkapun kali ini telah ditetapkan yakni Jessica Kusuma Wongso. Jessica membunuh dengan cara diam diam memasukan mencampurkan racun dengan kopi yang diminum oleh korban, racun yang digunakan Jessica ini adalah Sianida. Tentu saja korban langsung tewas ditempat karena Sianida merupakan senyawa kimia yang sangat beracun, dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit apabila masuk kedalam organ tubuh manusia (dalam dosis tertentu). Didalam tubuh racun Sianida menghambat kerja enzim cytochrome-x-oxidase. Enzim ini berada dalam mitokondria, berfungsi mengikat oksigen untuk memenuhi pernapasan sel sel tubuh, jika enzim tidak bekerja sel sel tubuh akan mengalami kematian...

Hmm menyeramkan ya guys tentang Sianida ini bila masuk kedalam organ tubuh kita!, tapi tau ga guys kalo Sianida ini ternyata terkandung dalam makanan sehari hari yang kita konsumsi? ngerikan dengernya?? mengenai bahayanya Sianida ini kali ini saya akan menjelaskan apa saja makanan yang mengandung zat beracun ini berguna agar lebih berhati hati lagi saat kita mengkonsumsi makanan, oke langsung saja saya sebutkan satu persatu, apa sajakah itu? cekidot:

1. Kentang



Inilah makanan yang pastinya sering kita konsumsi, biasa diapakai untuk diet pengganti nasi sebagai makanan pokok, tapi tau ga guys ternyata kentang ini mengandung zat beracun baik dalam dagingnya maupun daunnya. Terutama bagian daunnya mengandung solanin yang sangat beracun meski dalam jumlah kecil. Kemudian bagian daging, umumnya dikentang yang ada warna hijau dipermukaan kulitnya itu mengandung zat beracun. Kentang beracun dapat menyebabkan kematian, gejala awalnya akan terasa lemas, linglung, setelah sakit beberapa waktu, korban akan koma.


2. Apel



Buah yang sering dijuluki buah malam minggu ini ternyata mengandung Sianida, zat sianida dalam buah ini banyak terkandung dibagian tengahnya atau lebih tepatnya dalam bagian bijinya. Namun kadar Sianida dalam buah ini tergolong rendah jadi jika kita memakan biji apel dalam satu buahnya tidak akan berdampak apa apa bagi manusia, namun apabila kita konsumsi berlebihan pasti akan berdampak negatif bagi tubuh kita. Dan jika ingin lebih amannya lagi saat mengkonsumsi apel buang terlebih dahulu bagian tengahnya guys!


3. Ceri, Persik, Plum



Sama halnya dengan buah apel, ketiga buah ini mengandung Sianida pada bijinya. Cara aman mengkonsumsinya dengan cara membuang terlebih dahulu bagian bijinya. 



4. Almond



Almond yang mengandung Sianida umumnya pada almond yang rasanya pahit dan masih mentah. Mengkonsumsi 4 - 5 buah almond pahit akan menyebabkan mual, pusing, dan keram perut. Almond pahit dan mentah ini sudah dilarang diperjual belikan oleh AS, namun almond manis diperbolehkan karena lebih aman untuk dikonsumsi. Cara aman mengkonsumsi almond ini adalah dengan membeli almond yang sudah diolah terlebih dahulu, yang sudah diberi kemasan dan berlabel aman konsumsi.


5. Rhubarb



Rhubarb adalah sayur yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan puding. Daunnya mengandung zat beracun yang bila dicampur dengan soda dan air akan menambah konsentrasi racun yang terkandung didalamnya. Namu tangkainya dapat dimakan dan akar dapat dipakai sebagai obat pencahar.



6. Singkong



Singkong mengandung zat beracun Sianida namun kadarnya tergolong rendah. Zat Sianida terdapat pada akar, kulit luar dan kulit dalam. Tetapi biasanya kandungan Sianida dalam singkong tersebut akan menguap setalah dikupas. Cara aman mengkonsumsi singkong ini dengan cara mengupasnya sampai bersih, digosok gosok, kemudian direndam di air selama beberapa saat sebelum mengolahnya.



7. Kacang Lima



Kacang lima mengandung linamarin, yang apabila dikonsumsi didalam metabolisme kita akan bereaksi menjadi Sianida. Cara menetralisirnya dengan cara merebusnya minimal selama 10 menit dalam suhu mendidih.

Itulah makanan sehari hari yang kita konsumsi mengandung zat beracun seperti Sianida, umumnya makanan yang telah saya sebutkan diatas kadar zat Sianidanya tergolong rendah. Meskipun rendah usahakan sebelum konsumsi makanan tersebut, ada baiknya kita perhatikan, teliti, dan mengolahnya terlebih dahulu sesuai apa yang telah saya jelaskan tentang cara mengatasi zat Sianida, agar aman untuk dikonsumsi.

CMIIW

Sumber:
https://www.thrillist.com/eat/nation/10-things-you-eat-all-the-time-that-could-poison-you



#Sains #Kesehatan #Biologi #Kimia


Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top